Karena pemakaian pasti perlu perawatan. Kalo nggak mau ngerawat jangan dipake, simpan aja barang-barangmu di kasih kelambu. Jadi ceritanya mobil saya ni udah lumayan tua Daihatsu Xenia 2011, yah jadinya agak ekstra dikit deh maintenance/perawatannya. Jadi kali ini saya pengen berbagi sama temen-temen bloger semua cara saya melakukan pengecatan tromol saya yang karatan karena abrasi atau bisa jadi hujan, panas atau usia pemakaiannya intinya kondisi yang tidak menentu pada tromol ban mobil belakang saya.
2.
Bahan-bahan
-
Kuas besi/baja @2 buah,
-
Cat Epoxy 2K Samurai@1 botol,
-
Cat Dasar Putih Samurai@1 botol
-
Cat Warna Honda Yelow Metalic
Samurai 1102 @1botol (disesuaikan keinginan warnanya)
- Cat Clear Samurai @1 botol
3.
Alat Kerja
-
Pembuka Ban
-
Sekrup 10 mm
-
Amplas 1200
-
Sabun
4.
Membuka ban dan
membersihkan bekas karat
Lakukan proses pembukaan ban seperti biasa ya gaes seperti pas bocor
atau ganti ban, dan jangan lupa pake dongkrak sahabat bloger. Setelah ban
dilepas kita bisa nih langsung memberishkan bagian-bagian karat terlebih dahulu
dengan kuas besi dan amplas. Pastikan karatan hilang dan bersihkan dengan
amplas. Langkah selanjutnya kita akan membersihkan bekas-bekas karat dari debu
dengan mencuci tromol, tentu caranya harus dilepas dulu dong teromolnya. Ngelepasinnya
gampang aja tingal masukkin aja skrup 10 mm di dua lubang tromol, kemudian
diputar aja pelan-pelan. Skrup yang mendorong ke dalam tromol akan membuat
tromol lepas dari tempatnya. Diseimbangkan ya waktu muter skrupnya dengan
diputar sedikit-sedikit,lakukan pada dua sisi tromol sobat semua. Nah setelah
lepas bisa bersihkan bagian dalam tromol dengan sabun dan pastikan sudah kering
ya gaes sebelum dilakukan pengecatan.
5.
Proses Pengecatan
Untuk opsi pengecatan kita punya 2 opsi untuk pengecatan tromol yang
karatan. Bisa di posisinya tanpa dilepas atau melepas sementara tromolnya y.
Disini saya lebih memilih melepas dulu tromolnya karena nggak perlu repot-repot
menyusun/nempelin kertas buat hindarin semprotan pilok mengenai body mobil.
Jadi kerjanya lebih simple dong. Nah waktu untuk pengecatan yang baik saat
panas atau cuaca terik. Berikut ini saya akan sampaikan urutan pengecatan yang
saya lakukan :
-
Cat Epoxy dulu yang pertama
sobat, tujuan pemberian cat epoxy ini biar tromol sobat tahan karatan dan tahan
panas akibat putaran ban ya karena sifatnya epoxy ini yang meningkatkan daya
rekat, tahan terhadap panas, air atau cuaca tidak menentu pada tromol sehingga bisa
menahan abrasi tanah/kondisi tertentu dalam waktu yang lebih lama. Lakukan
pengecatan epoxy dulu sampai rata, jangan tebal- tebal dulu ya sobat. Bisa
dilapisi sebanyak 2 kali selang waktu 5-10 menit. Setelah dilapisi yang kedua
kalinya biarkan dulu epoxy mengering kurang lebih memakan waktu 1-2 jam tergantung
kondisi panas. Yang pasti sudah tidak lengket ditangan ya. Perlu sobat bloger
perhatikan bahwa cat epoxy yang saya memiliki kadaluarsa 1x24 jam akan membeku,
jadi pastikan jangan menunda untuk memberikan epoxy dalam waktu lama atau harus
habis pakai.
-
Nah setelah benar-benar kering
Expoy kita lanjut cat dasar untuk mendapatkan hasil cat yang lebih maksimal.
Cukup dilapisi sekali saja jangan tebal-tebal cat dasarnya ya sobat dan biarkan
sampai kering.
-
Proses selanjutnya pemberian
cat utama yaitu Cat yang sesuai keinginan sobat semua. Disini saya gunakan cat metallic
gold 1103 tujuannya sih biar lebih mengkilat dan nggak terlalu keliatan kotor
aja. Nah disini saya lapisi cat utama sebanyak 3 lapisan. Berikan lapisan
pertama tipis-tipis saja,biarkan kering kurang lebih 20-30 menit, dan lanjutkan
lapisan kedua dan ketiga sampai terlihat warna sesuai yang kita inginkan agar
rapi ,cerah dan rata hasilnya memuaskan. Kemudian biarkan sampai benar-benar kering 1-2 jam sebelum dilapisi
clear/finishing.
-
Bagian terakhir finishingnya kita
lapisi clear tujuannya agar cat yang kita berikan lebih halus, jernih dan
transparan seperti kita ngepress kertas lah begitulah cara kerja clear yang
kita maksudkan. Biarkan kering 20-30 menit. Clear ini umumnya lebih cepat kering
setelah disemprotkan.
Penutup
Terimkasih
sudah membaca semoga bermanfaat.
Komentar